Jumat, 28 September 2012

Karnaval Budaya Di Waingapu



Hampir semua daerah punya acara masing – masing untuk menyambut datangnya hari lahir negara Indonesia tercinta, nah..kalau di kotaku karnaval budaya adalah even wajib yang selalu diadakan untuk merayakan hal itu..

Di waingapu karnaval budaya diadakan tanggal 14 atau 15  tapi khusus tahun ini karena Agustus bertepatan dengan bulan puasa yang notabenennya adalah bulan ibadah akbarnya umat muslim maka karnaval pun diadakan dua hari yakni tanggal 14 dan 15, hal ini tidak lain untuk menghormati keberadaan umat muslim di waingapu,maklum toleransi umat beragama di kota kecil ini sangat tinggi, sehingga meskipun jumlah umat muslim tidak mencapai 30 persen dari keseluruhan tetap saja ada penghormatan untuk setiap ibadah mereka,,kota ini membuktikan statenent bahwa,,minoritas tidak selalu tertindas bukan?? Hehe

Hm,, selain untuk menyambut hari kemerdekaan karnaval, budaya ini jadi ajang untuk memamerkan kekayaan budaya,sekaligus menjadi ajang promosi, hal ini mengingat karanaval ini diikuti oleh hampir semua sekolah,organisasi, etnis dan paguyuban – paguyuban, yang ada di waingapu.

Riuh suara penonton,,Subhanalloh.. benar – benar memekakan telinga apalagi kalau yang lewat adalah sekolah – sekolah favorit dan bonafid kayak SMAN 1, SMAN 2, SMAK ANDALURI juga SMP 1 dan SMP 2, soalnya sekolah – sekolah ini biasanya menampilkan atraksi drumband yang WOW dibanding yang lain juga memiliki pengaturan yang rapi terkait penggunaan baju adat yang ditampilkan di karnaval.

Tak mau kalah dari anak sekolahan, berbagai etnis yang tergabung dalam paguyuban – paguyuban juga biasanya membawa atribut daerahnya masing – masing, jadi jangan heran kalau banyak yang bawa panah atau parang  juga patung atau reog atau ada yang nari – nari di tengah teriknya matahari,,parahnya lagi sampe ada yang rela dimasukin jin alias kerasukan untuk mempertontonkan atraksi makan beling atau makan api ckckck.
Kalo ormas mah..biasanya membawa atribut promosi yang sesuai dengan apa yang organisasi mereka usung.

Sayang..perhatian pemerintah khususnya Dinas Pariwisata dalam mempromosikan hal ini kurang bagus,,padahal kegiatan ini bisa jadi sumber wisata yang dapat menambah devisa daerah..makanya aku berjanji pada diriku sendiri suatu saat aku akan menjadi promotor bagi semua keindahan terpendam yang ad di kota hehe..
Oh iya,kalau mau liat foto – foto kegiatannya,,silahkan lihat di tulisan lain di blog ini yang judulnya Galeri Karnaval Waingapu..
Ya udah yah...see you..